Rabu, 26 Desember 2012


ANTARTIKA - Byrd Station di daerah barat Antartika mengalami kenaikan suhu udara. Peningkatan suhu tersebut mengindikasikan bahaya yang mengancam kestabilan lapisan es di daerah itu.



Dilansir dari Live Science, Kamis (27/12/2012), temperatur udara di tempat tersebut naik 2,4 derajat celcius. Para peneliti melaporkan dalam jurnal Nature Geoscience, kenaikan tersebut terjadi pelan-pelan sejak 1958.

Meskipun suhu udara musim panas di Byrd masih di kisaran minus 10 derajat celcius, peningkatan yang ditemukan tersebut tetap meningkatkan kekhawatiran. Pasalnya, mengingat melelehnya permukaan Greenland di Juli lalu, hal serupa juga bisa terjadi di Byrd.

"Perubahan yang sedang terjadi di Antartika sama besar dengan yang terjadi di utara," ujar peneliti dari Byrd Polar Research Center, David Bromwich.

Lembar Es Antartika Barat menyimpan sekira 10 persen total esdi Antartika. Bagian dasar dari gletsernya berada di bawah permukaan laut sehingga memicu kekhawatiran . Masalahnya, jika meleleh maka akan membuat gletser tidak stabil dan meningkatnya debit air laut.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 `~' - Oreshura - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -